IMG-LOGO

Profil Wilayah Desa

Create By 26 August 2016 3 Views

LETAK DAN LUAS WILAYAH

          Desa pandean secara administrative termasuk dalam wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, terletak di arah timur Kabupaten magelang dengan jarak 3 km dari kantor Kecamatan, sedangkan jarak desa Pandean dari Kantor Kabupaten Magelang sekitar 40 km. Waktu tempuh dengan kendaraan menuju kecamatan sekitar 10 menit sedangkan menuju Kabupaten kurang lebih 60 menit.

Desa Pandean terdiri dari 6 dusun ( 17 RW dan 58 RT ). Nama-nama dusun  tersebut adalah Pandean kidul dan Sidadap, Pandean Lor, Tanggualngin, Dalangan, Wonolobo, dan Digulan.

Luas wilayah Desa Pandean adalah 400,7 Ha dengan batas-batas desa sebagai berikut:

    - Sebelah utara           : Gunung Telomoyo

    - Sebalah barat           : Desa Keditan

    - Sebelah selatan        : Desa Ngablak dan Desa Girirejo

    - Sebelah timur           : Kabupaten Semarang

 

TOPOGRAFI DAN JENIS TANAH

         Desa Pandean memiliki konfigurasi berupa pegunungan dengan ketinggian dari permukaan laut 1280 m. Sehingga tergolong dataran tinggi. Suhu di daerah cukup dingin. Jenis tanah yang ada di wilayah Pandean sebagian besar adalah tanah andilos. Tanah tersbut terbentuk pada iklim yang beraneka ragam dengan bantuan induk vulkanik. Sifat tanah andilos adalah bersolum tebal dalam dan berwarna kuning terang. Makin dalam makin terang. Tekstur litany silty loam dengan kadar liat kurang dari 30%. Kepekaan tanah andisol terhadap erosi cukup tinggi, kesamaannya bermacam-macam, dan bahan organiknya rendah.

 

IKLIM

Iklim merupakan salah satu factor yang berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Iklim Desa Pandean termasuk dalam daerah tipe iklim D, dengan nilai Q antara 60% - 1000�rajat. Nilai Q adalah perbandingan antara banyaknya bulan basah dibagi dengan bualan kering kali 1000%.